Jaya Pitek
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA, JANGAN KAGET INI CUMA SEKEDAR IKLAN SAJA, JIKA ANDA TERTARIK SILAHKAN KLIK

Rabu, 04 Mei 2011

Software Grafis dan Animasi Basis Foss

Setiap orang tentu menginginkan kebebasan begitu pula dalam berkreasi. Penggunaan free open source software (FOSS) sangatlah memberi kebebasan dibanding berkreasi software Proprietory atau berbayar yang perkembangannya lebih lambat dan sangat mahal.


Berikut ini ada beberapa pilihan FOSS untuk industri kreatif yang dapat digunakan.

GIMP
Software pengolah Gambar dan Foto
Tentu ketenaran GIMP saat ini telah menggema diantara pelaku industri desain grafis. GIMP merupakan alternatif pengganti Adobe Photoshop yang fiturnya semaki mewah tetapi tidak banyak berguna dan membuat komputer bekerja sangat berat.

Download GIMP Disini!!

INKSCAPE
Software Grafis Berbasis Vector
Primadona software vector tidak lagi didominasi Corel ataupun Adobe Illustrator, tetapi Inkscape telah mampu menandingi kehebatan 2 software berbayar yang cukup mahal itu. 

Download IKSCAPE Disini!!

Chiken Strip (www.chickenstrip.org).
Selain cukup ringan fitur-fitur yang dimiliki inkscape tidak jauh berbeda dengan yang berbayar.

SCRIBUS
Software Desktop Publishing
Siapa bilang tidak ada software alternatif adobe in design atau pagemater yang gratis dengan fitur standar industri percetakan?? Nama Scribus, software ini memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan software tersebut untuk kebutuhan layout majalah, surat kabar, poster, dan flayer.

Download SCRIBUS 


MYPAINT & ALCHEMY
Khusus Drawing dan Coloring
Dari pada mengeluarkan kocek yang banyak untuk beli corel pointer atau sai disarankan menggunakan MyPaint dan Alchemy. Selain cukup ringan dan kedua software ini hasilnya tidak kalah dengan yang mahal seperti corel pointer atau sai

Download MyPaint Disini dan Alchemy Disini 


SYNFIG DAN PENCIL
Software Animasi 2D
Jika selama ini banyak siswa SMK hanya menggunak Adobe Flash dalam beranimasi maka mereka belum mengetahui ada software gratis di bernama Synfig dan Pencil. Software synfig dan Pencil inipun tidak kalah hasilnya dengan adobe flash bahkan tidak perlu lagi membajak dalam berkarya yang dahsyat.

Download Synfig Disini dan Pencil Disini

 
BLENDER
Software Animasi 3D
Sungguh rakus kapilitas sekelas autodesk menjual 3D studio max seharga 2011, karena saat ini sudah ada software 3D yang fiturnya jauh lebih banyak dari pada 3D studio max dan gratis yaitu blender. Blender telah dilengkapi fitur produksi animasi profesional sekelas adobe Premiere, Zbrush, dan game engine keren.

Download Blender Disini 

Semoga Bermanfaat.........>>>>>> 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar