Jaya Pitek
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA, JANGAN KAGET INI CUMA SEKEDAR IKLAN SAJA, JIKA ANDA TERTARIK SILAHKAN KLIK

Selasa, 03 Mei 2011

10 Utiliti Backup Untuk Desktop Linux

Petaka adalah sesuatu yang tidak bisa ditolak. Namun antisipasinya bisa dilakukan. Nah, Backup adalah salah satu upaya antisipasi. Di windows, software backup cukup banyak demikian di linux.


Backup Utiliti Kelas Enterprise

Bacula : Kelas Premier
Bacula (bacula.org/en) merupakan solusi backup kelas premier yang enterprise-ready buat mereka-mereka yang betul-betul ingin data mereka aman.
Kelebihannya adalah powernya ini merupakan metode terbaik dalam membackup server dan workstation dilingkungan enterprise. Walau powerfull, ia tidak diperuntukan bagi user biasa, karena anda akan dijejali dokumentasi non tebal. Jadi, ia memang powerfull, namun kompleks.
 
Amanda: Mudah Dioperasikan
Jika anda mencari enterprise backup tanpa memulai dari awal, amanda (amanda.org) merupakan pilihan hebat. Ia lebih mudah dioperasikan dibanding Bacula dan kami tidak yakin Amanda memakai MySQL/PostgreSQL untuk kegiatan Backup. Sebagaimana bacula, amanda sangat cocok untuk enterprise user yang memburu professional backup solution. Amanda juga network backup friendly.

Mondo Rescue : Digunakan Perusahaan Besar
Sebagaimana enterprise backup solution, Mondo Rescue (mondorescue.org) menghadirkan support hebat buat network backup, tape drive dan kebutuhan lain enterprise backup. Perlu dicatat beberapa perusahaan besar menggunakan mondo lantaran enterprise ready dependability. Setelah kehilangan data skala masal, pembaca dapat merestore segala sesuatunya yang hilang atau sebanyak yang anda kehendaki.

Clonezilla : Pas Untuk Home Office
Ini dalah disk cloning tool yang sempat kami pakai untuk home office, tapi ia cocok untuk lingkungan enterprise. Didesain sebagai alternative terakhir untuk Norton Ghost, Clonezilla (clonezilla.org) adalah cara asyik untuk menjaga partisi atau hard disk terbackup secara aman, tanpa banyak kerumitan. Sebagian orang berpendapat ia mirip mondo rescue, namun clonezilla menggunakan partclone plus sejumlah teknologi lainnya.

Backup Utiliti Kelas Home Office

Simple Backup : Tersedia untu Pelbagai Distro
Jika anda sekedar ingin membackup file dan folder, membuatanya aman dan tidak perlu cemas lagi, ini adalah pilihan bagus. Tidak masalah, menggunakan Sbackup (simple backup, sourceforge.net/project/sbackup/) menawarkan fungsionalitas ini. Mudah dijalankan, tersedia untuk sebagian besar distro linux dan memungkinkan backup local/off-site dengan mudah. Sbackup juga bekerja baik dengan stroge device eksternal atau SSH untuk lokasi remote, bergantug setup backup dijadwalkan.

FlyBack : Efektif System Resource
Berbasiskan teknologi rsync, Flyback (code.google.com/p/Flyback/) menjanjikan penggunaan system resource seefektif mungkin. Anda bisa menyetup Flyback untuk membackup apa-apa yang kita butuhkan. Dan karena ia menyetup time untuk tiap bacukup yang disimpan, anda bisa memilih untuk merecover sistem berdasar tanggal backup. Pembuat software ini terinspirasi Apple time machine dan mempunyai kemampuan menghadirkan time-based recovery lewat rsync.
TimeVault : Sajian Grafis
Dengan sedikit intesif digunakan dibanding flyback, timevault (wiki.ubuntu.com/timevault) juga berbeda dari flyback lantaran ia tidak mengandalkan rsync. Timevault cocok buat mereka yang tertarik melihat grafik yang menyajikan data mereka tengah dibackup. Seperti flyback, data tersedia berdasar waktu. Sehingga untuk restorsi, pilih tanggal yang hendak direstore.

Grsync: Backup Perubahan Saja
Rsync dianggap standar diantara linux enthusiast. Karena, rsync memberi user kontrol hebat untuk meminimize space storasi yang terbuang dengan hanya membackup apa saja yang berubah. Grsync hadir gambar sebagai GUI Front end rsync. Ia pada dasarnya menyematkan wajah cantik ke powerfull tool yang sudah ada.

Khusus Utiliti Proprietary
Jungledisk: Bisa Akses  Server Amazon S3
Menggunakan jasa backup ini, pengguna produk jungledisk (jungledisk.com) diuntungkan karena dapat mengakses Amazon S3 server tanpa kendala, sebuah scheduled backup. Mempertimbangkan jasa pesaing seperti mozy yang mengabaikan linux, jungledisk menawarkan client yang memungkinkan kita menggunakan layanan mereka jika anda memilihnya. Jungledisk menawarkan pengalaman langsung yang menjadikan backup file/direktori begitu mudah. Hebatnya lagi ia berjalan dari balik layar (background).

CrashPlan: Bisa Akses Komputer Remote
Sebagaimana jungledisk, crashPlan (crashplan.com) menawarkan off-site hosting menggunakan transmisi aman buat file/direktori anda dengan menggunakan software mereka. Alhasil, CrashPlan mempunyai perkecualian yang membuatnya beda dari yang lain. Opsi dasar memungkinkan end user menyimpan data ke komputer remote yang juga menjalankan CrashPlan. Komputer remote ini boleh menjalankan linux, windows atau OS X. CrashPlan tidak peduli OS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar